Apa Itu Infeksi Payudara?

Infeksi Payudara

Infeksi payudara atau mastitis perlu diperhatikan oleh ibu-ibu yang baru melahirkan. Infeksi ini biasanya terjadi kira-kira 2 minggu setelah melahirkan yang disebabkan adanya bakteri yang hidup di permukaan payudara. Kelelahan, stres, dan pakaian ketat dapat menyebabkan penyumbatan saluran air susu dan menimbulkan infeksi. Begitu pula dengan puting yang pecah-pecah atau perih, apabila sampai menghambat pengeluaran air susu dari payudara yang sedang nyeri.

Infeksi Payudara juga kerap disebut mastalgia. Mastalgia adalah kondisi dimana payudara merasa nyeri. Sebenarnya mastalgia ini akrab dengan setiap wanita, karena selalu datang mengiringi waktu mestruasi. Berikut definisi, penyebab, diagnosa dan pengobatannya. Nyeri payudara dibagi ke dalam 2 kelompok:

1. Mastalgia siklik : berhubungan dengan menstruasi
2. Mastalgia non-siklik : tidak berhubungan dengan menstruasi dan bisa berasal dari payudara maupun struktur di sekitar payudara (misalnya otot atau persendian).

Jenis mastalgia yang paling sering ditemukan adalah mastalgia siklik yang terjadi akibat perubahan hormonal. Beberapa wanita merasakan nyeri payudara di sekitar masa ovulasi (pelepasan sel telur) yang terus berlanjut sampai masa menstruasi tiba. Nyeri bisa hanya dirasakan di salah satu payudara atau bisa juga menjalar ke ketiak. Nyeri pada mastalgia non-siklik biasanya terus menerus ada dan hanya pada lokasi tertentu di payudara. Penyebabnya bisa berupa:

1. Cidera atau benturan pada payudara
2. Nyeri artritik di dalam rongga dada dan lehel yang menjalar ke payudara
3. Kehamilan
4. Menyusui
5. Menjelang menopause
6. Terapi estrogen
7. Infeksi payudara
8. Menjelang pubertas
9. Obat-obatan (misalnva digitalis, aldomet aldakton, anadrol dan klorpromazin)
10. Alkoholik disertai kerusakan hati
11. Zat tertentu di dalam makanan atau minuman (misalnya metilsantin yang terkandung di dalam kopi)
12. Kanker payudara (tetapi tidak setiap nyeri pada payudara merupakan pertanda dari kanker payudara).

Infeksi payudara biasanya disebabkan oleh bakteri yang banyak ditemukan pada kulit yang normal (Staphylococcus aureus). Bakteri seringkali berasal dari mulut bayi dan masuk ke dalam saluran air susu melalui sobekan atau retakan di kulit (biasanya pada puting susu). Mastitis biasanya terjadi pada wanita yang menyusui dan paling sering terjadi dalam waktu 1-3 bulan setelah melahirkan. Sekitar 1-3% wanita menyusui mengalami mastitis pada beberapa minggu pertama setelah melahirkan. Pada wanita pasca menopause, infeksi payudara berhubungan dengan peradangan menahun dari saluran air susu yang terletak di bawah puting susu.

Perubahan hormonal di dalam tubuh wanita menyebabkan penyumbatan saluran air susu oleh sel-sel kulit yang mati. Saluran yang tersumbat ini monyebabkan payudara lebih mudah mengalami infeksi. 

Baca Artikel : Mendiagnosa Infeksi Payudara

0 Response to "Apa Itu Infeksi Payudara?"

Posting Komentar